Implementasi Kompetensi Guru Sekolah Minggu di Gereja Yesus Hidup Sejati Indonesia

Isi Artikel Utama

Untari Prihatiningsih

Abstrak

Mutu seorang guru menjadi bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran.  Menjadi guru Sekolah Minggu tidak hanya cukup memiliki pengetahuan teologi yang baik atau lulus dari sebuah sekolah teologi. Guru-guru Sekolah Minggu dituntut juga memiliki berbagai kompetensi yang meliputi: kompetensi spiritual, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.  Penelitian ini dilakukan untuk menemukan implementasi kompetensi Guru Sekolah Minggu di Gereja Yesus Hidup Sejati se-Indonesia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Untari Prihatiningsih. (2024). Implementasi Kompetensi Guru Sekolah Minggu di Gereja Yesus Hidup Sejati Indonesia. Mathetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(1), 79-86. Diambil dari https://sttbethelsamarinda.ac.id/e-journal/index.php/mathetes/article/view/37
Bagian
Articles

Referensi

Alkitab.2010. Jakarta: LAI.

Fred N. & Howard B. Lee. Foundations of Behavioral Research. Forth Worth: Harcout

College Publisher, 2000.

Janawi. Kompetensi Guru - Citra Guru Profesional. IV. Bandung: Alfabeta, 2019.

Kristiono, Tanto dan Deo Putra Perdana, “Hambatan dan Pelayanan Guru Sekolah

Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta,” Jurnal Teologi Gracia Deo Vol.

, No. 2 (2019): 91.

Kurniawan Sugiarto, Dewi Lisiani. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Dalam Mendukung Pertumbuhan Gereja Isa Almasih Jemaat Pringgading Semarang” (2010): 1–11. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2023/04/5.-Dewi-Lisiani-Kurniawan-Sugiarto-Kompetensi-Guru-Sekolah-Minggu-Dalam-Mendukung-Pertumbuhan-Gereja-.pdf.

Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Niswaty, Risma, Ulfa Dwi Batari, Muhammad Darwis, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa,” Jurnal Ad’ministrare 5, no. 2 (2019): 105.

Pattinama, Yenni Anita. “Peranan Sekolah Minggu dalam Pertumbuhan Gereja” Jurnal

Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual 4 No. 2 (2019): 132-151.

Lalupanda, Erfy Melany. “Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan

Mutu Guru,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol. 7, No. 1 (2019):

Permana, Nana Surya. “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan

Sertifikasi Guru” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No.

(2017): 1.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. III. Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Riniwati. Pembinaan Guru Sekolah Minggu untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan

Pada Anak,” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat

Vol. 4, No. 2 (2020): 186.

Sugiarto, Dewi Lisiani Kurniawan. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Dalam

Mendukung Pertumbuhan Gereja Isa Almasih Jemaat Pringgading Semarang”

(2010): 1–11, https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2023/04/5.-Dewi-

Lisiani-Kurniawan-Sugiarto-Kompetensi-Guru-Sekolah-Minggu-Dalam

Mendukung-Pertumbuhan-Gereja-.pdf.

Tefbana, Ivana IT, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, and Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2021): 205.

Ulfa Dwi Batari, Muhammad Darwis, Risma Niswaty. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa.” Jurnal Ad’ministrare 5, no. 2 (2019): 105.