Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Membangun Kesadaran Spiritualitas Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Agama Kristen dalam membangun kesadaran spiritualitas peserta didik, yang merupakan elemen penting dalam pembentukan identitas diri yang kuat dan bermakna. Kesadaran spiritual yang tinggi membantu siswa memahami tujuan hidup mereka dan merasakan kehadiran Tuhan dalam setiap aspek kehidupan, yang pada gilirannya mendorong sikap optimis dan penuh harapan di tengah tantangan hidup. Lebih jauh, kesadaran ini juga memperkuat hubungan sosial yang sehat dan harmonis, di mana siswa menjadi agen perubahan positif dalam komunitas mereka. Dengan demikian, pendidikan agama Kristen tidak hanya membentuk siswa menjadi individu yang berprestasi secara akademis, tetapi juga menjadikan mereka pribadi yang seimbang, bermoral, dan berkontribusi bagi kebaikan bersama. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaiman Pendidikan Agama Kristen memiliki peran penting dalam membentuk peserta didik membangun kesadaran spiritual. Metode yang digunakan Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka. Hasilnya adalah PAK tidak hanya mengajarkan ajaran agama, tetapi juga membentuk pribadi yang matang secara intelektual, moral, dan spiritual. Guru PAK berperan dalam mengembangkan perilaku etis dan bertanggung jawab yang sejalan dengan nilai-nilai Kristiani. Kesadaran spiritual yang ditanamkan melalui PAK memperkuat identitas diri, menciptakan hubungan sosial yang harmonis, dan meningkatkan prestasi akademik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arios, Siliwanus, and Sarina Tambunan. “Peran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pertumbuhan Iman Anak Peserta Didik Berdasarkan 2 Timotius 3?: 16.” AP-Kain Jurna 2, no. 2 (2024): 83–92.
Foster, Richard J. Celebration of Discipline: The Path to Spiritual Growth. San Francisco: Harper & Row, 2008.
Ginting, G., A. Silalahi, R. Hasugian, R. S. Sianturi, and Y. Kasse. “Pentingnya Membaca Alkitab Berdasarkan 2 Timotius 3:16 Terhadap Pembentukan Karakter Dan Pertumbuhan Iman Peserta Didik Di Smp Harvard School.” Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi 5, no. 1 (2022): 1–14.
Intarti, Esther Rela. “Peran Guru Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 15, no. 1 (2021): 45–56.
———. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” Regula Fidei 4, no. 1 (2021): 36–46.
Koenig, Harold G. “Religion, Spirituality, and Health: The Research and Clinical Implications.” ISRN Psychiatry 3, no. 1 (2012): 20–33.
Laana, Darwis, and Dorce Sondopen. “Keterampilan Guru Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Di Kelas.” Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, dan Pendidikan 2, no. 2 (2020): 27–32.
Masinambow, Y., and Y. Nasrani. “Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 7, no. 1 (2021): 64– 81.
Ndruru, S. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sebagai Sentral Belajar Yang Bermisi.” Voice of HAMI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 1 (2019): 32–44.
Nuhamara, Daniel. Pembimbing Pendidikan Agama Kristen. Bandung: Jurnal Info Media, 2009.
Pujiono, A. “Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z.” Didache: Journal of Christian Education 2, no. 1 (2021): 1–9.
Sagala, Lenda Dabora. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Perubahan Sosial.” Jurnal Simpson: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2017): 48.
Samaloisa, Hendra Agung Saputrsa. “Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 2 (2023): 162–178.
Sidabutar, H., and N. J. Banunaek. “Penerapan Pendidikan Agama Kristen Keluarga Dan Gereja Bagi Pengembangan Spritualitas Remaja Kristen.” Didaxei 3, no. 1 (2022): 319–331.
Sigalingging, Jamsah, and Joice Ester Raranta. “Peran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Mental, Spiritual, Dan Karakter Anak.” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 6 (2022): 7426–7436.
Tumangger, Serru, Sartika Afrida Padang, and Damayanti C Nababan. “Jurnal Ilmu Pendidikan Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dengan Spiritualitas Peserta didik.” Jurnal Soko Guru 2, no. 3 (2022).
Umrati, and H. Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Kesadaran Spiritual Bagi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era 5.0.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 2 (2023): 144–155.
Waruwu, Elfin Warnius, and Enisabe Waruwu. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik Di Era Kurikulum Merdeka.” Sinar Kasih 1, no. 2 (2023): 98–112.
Zebua, Syukurman. “Membangun Kesadaran Spiritual: Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter.” Jurnal Pokok Anggur 3, no. 2 (2022): 58–72.