Keteladanan Guru Sebagai Pelaku Firman Berdasarkan Titus 2:6-8 Terhadap Minat Belajar Siswa

Main Article Content

Lucyana Henny Moniaga
Satrini Datu La'bi

Abstract

Keteladanan menjadi bagian sangat penting dalam menentukan berhasil atau tidaknya seseorang. Seorang guru bukan hanya sekedar mengajar dan memberikan ilmu pengetahuan begitu saja tetapi memiliki peran yang sangat strategis bagaimana caranya membuat suasana belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga murid dengan antusias mengikuti pelajaran dan dengan mudah memahami materi pelajaran yang diterimanya. Pada kenyataannya, guru tidak selalu mampu mewujudkan tercapainya tujuan tersebut karena rendahnya minat siswa untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik untuk menulis tentang keteladanan guru sebagai pelaku Firman serta dampaknya terhadap minat belajar siswa. Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan strategi yang digunakan adalah grounded theory karena dalam penelitian ini sumber data yang diperlukan meliputi wawancara dan observasi. Dari hasil analisis teks Titus 2:6-8 terdapat 4 penerapan keteladanan guru yang harus diterapkan yaitu: Menguasai diri dalam segala hal, jadilah diri sendiri, bersungguh-sungguh dalam pengajaran, sehat dan tidak bercela. Siswa akan  lebih proaktif dan bersemangat dalam belajar apabila guru tersebut dapat memberikan contoh secara nyata baik dalam masyarakat luas maupun secara khusus dalam lingkungan sekolah dan berbanding terbalik dengan cara guru yang lebih mementingkan teori tanpa melakukan sebuah tindakan nyata.

Article Details

How to Cite
Lucyana Henny Moniaga, & La’bi, S. D. (2024). Keteladanan Guru Sebagai Pelaku Firman Berdasarkan Titus 2:6-8 Terhadap Minat Belajar Siswa. Mathetes: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 5(2), 116-127. Retrieved from https://sttbethelsamarinda.ac.id/e-journal/index.php/mathetes/article/view/51
Section
Articles

References

Baley, Richad. 2007. New Testaments Issue. New York: Harper and Row.

Dwiati Yulianingsih, Stefanus Gaol, & M.M. Lumban. 2019. Keterampilan Guru PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid dalam Proses.

Dinzen, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. 2009. Handbook Of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

GP, Harianto. 2012. Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini . Yogjakarta: Andi

Jarvin dan Reznitskaya. 2009. dalam Ferrari dan Potworowski, Ed.

Suparlan. 2008. Menjadi Guru Efektif . Jakarta: Hikayat Publishing.

Setiawan, Mary Go Setiawan. 1995. Pembaharuan Mengajar. Bandung: Yayasan Kalam Hidup.

Sitanggang, Seriaman Sitanggang. 2009. Buku Pegangan Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Engkrateia.

Tong, Stephen. Arskitek Jiwa II. Surabaya: Momentum

Usman, Uzer. 2006. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Winataputra. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional..